Bogor Kota Sejuta Angkot ?

 Bogor adalah sebuah kota yang memiliki kebun raya (Botanical Garden) yang didalamnya terdapat banyak jenis-jenis tumbuhan yang sampai saat ini dilestarikan oleh pemerintah setempat. Bogor juga dikenal dengan nama Buitenzorg (berasal dari nama spesies palem), dan sebutan lainnya adalah kota hujan (karena frekuensi hujannya yang cukup besar).  Nama-nama itulah yang sering kita dengar beberapa puluh tahun yang lalu.

Saat ini kota bogor sering disebut “Kota Angkot” atau “Kota Sejuta Angkot”, sebutan tersebut nampaknya lebih populer ketimbang bogor sebagai kota hujan ? Nampaknya kota bogor tidak siap dengan perkembangan jumlah penduduk (pendatang) dari kota-kota lainnya yang kebanyakan bekerja di Jakarta.

Lalu apa upaya Pemda Bogor untuk mengatasi masalah angkutan umum tersebut ? yang paling mudah tentunya dengan membatasi jumlah kendaraan umum yang baru dalam hal perizinan, trayek dll., membuat transportasi umum semacam busway di Jakarta yang diberi nama “Bis Pakuan” dan membuat terminal-terminal diluar pinggiran pusat kota yang dapat berfungsi sebagai feeder.

Tapi bagaimana caranya mengurangi angkot-angkot yang terlanjur sudah keluar perizinannya ? mungkin perlu juga dipertimbangkan dengan cara menambah jumlah bis-bis Pakuan sehingga dengan demikian paling tidak untuk pusat kota angkot dapat dikurangi dengan jumlah yang proporsional antara pengurangan angkot dengan penambahan bis pakuan ( misal : 6 angkot diganti dengan 1 bis Pakuan)

Dan yang lebih penting lagi adalah bagaimana upaya pemerintah setempat untuk mengembalikan image kota Bogor dengan nama-nama yang lebih bernilai dan bermakna yang baik ketimbang dengan sebutan “Kota Sejuta Angkot” ……..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: