Grid Computing, Green Computing dan Cloud Computing

Teknologi Informasi mengalami perkembangan yang luar biasa cepat, hal tersebut seiring dengan perkembangan teknologi baik hardware, software maupun telekomunikasi yang semakin beragam dan ekonomis. Banyak istilah yang digunakan oleh para teknokrat dalam menggambarkan perkembangan teknologi, sebagai pengguna kita harus mengetahui istilah-istilah tersebut.

Grid Computing

Grid Computing lahir untuk melakukan efisiensi penggunaan server yang beberapa tahun yang lalu menggunakan ‘SuperComputer” untuk menjalankan aplikasi bisnis yang cukup besar dan digunakan oleh banyak user. Karena aplikasi yang running cukup besar dan user yang aksespun cukup banyak  maka biasanya server tersebut memiliki banyak processor, memory dll. dengan harga yang cukup mahal. Grid computing merupakan salah satu solusi untuk mengatasi hal tersebut dimana beban dari server dibagi ke beberapa server dan masing-masing server dapat digunakan secara independent dengan menggunakan middleware (software) untuk me-manage pembagian resource server. Sebagai contoh jika kita memiliki aplikasi besar seperti Oracle Finance maka database dan tablespace dapat disimpan di dalam server yang berbeda baik secara kapasitas maupun kecepatan tergantung kebutuhan kita.

Green Computing

Semakin sadar manusia akan kebutuhan lingkungan yang bersih dan sehat, maka dalam teknologi komputer dibutuhkan perangkat hardware yang hemat penggunaan listrik, dapat di daur ulang dan tidak menimbulkan polusi bagi kesehatan manusia dan lingkungan. Beberapa teknologi yang sudah dapat kita lihat dan gunakan salah-satunya adalah penggunaan layar LCD yang menggantikan model tabung (CRT), selain itu penggunaan UPS yang banyak menggunakan battrei untuk backup listrik juga dapat digantikan dengan penggunaan laptop yang sangat sedikit menggunakan listrik dan battrei yang sudah built-in. Teknologi wi-fi juga dimaksudkan untuk mengurangi penggunaan kabel sebagai media dalam jaringa komputer (LAN).  Sekarang pilihan ada pada kita semua untuk bersama-sama melestarikan lingkungan hidup sambil menggunakan teknologi terkini.

Cloud Computing

Teknologi ‘Cloud Computing’ tidak dapat dipisahkan dengan teknologi komunikasi internet yang memungkinkan setiap orang untuk meng-akses informasi yang tersedia tanpa batasan jarak dan waktu. Teknologi ini kemudian menimbulkan inspirasi untuk memberikan jasa ‘penyewaan’ hardware maupun software tanpa harus melihat fisik dan dimana perangkat tersebut disimpan. Beberapa vendor besar seperti Microsoft sudah mulai merilis beberapa aplikasinya seperti Microsoft Office dll. di internet sehingga orang yang membutuhkan ms-office tidak perlu lagi membeli dan melakukan instalasi pada desktop mereka melainkan hanya cukup membutuhkan browser untuk memanggil aplikasi tersebut dengan biaya sewa yang ditentukan oleh vendor.  Sangat memungkinkan nanti ada sebuah perusahaan yang menjalankan usahanya tanpa harus melakukan investasi baik hardware maupun software, yang dibutuhkan hanya koneksi internet yang memadai untuk mengkases internet. Sayangnya biaya akses ke internet dengan kebutuhan tertentu (bandwidth) masih cukup menjadi kendala di negeri ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: