Usaha Jasa Pembiayaan Dari Sudut Pandang IT

Definisi dari usaha jasa pembiayaan adalah suatu usaha yang memberikan jasa keuangan kepada pelanggannya dengan imbalan (margin) tertentu. Dari sudut pandang teknologi informasi usaha jasa pembiayaan adalah usaha yang bekerja berdasarkan informasi-informasi yang diperoleh dari komponen atau fungsi dalam organisasi.

Fungsi marketing dan sales memperoleh informasi tentang rate yang dapat dijual ke pelanggan dari bagian treasury sebagai penyedia dana. Fungsi finance melakukan pembayaran kepada dealer berdasarkan informasi dari sales/marketing. Demikian juga fungsi human resources (hrd) menghitung insentif berdasarkan informasi dari hasil penjualan yang dikombinasikan dengan data karyawan.

Sedangkan fungsi-fungsi pendukung lainnya seperti general affair mencatat asset berdasarkan informasi pembelian yang dilakukan oleh setiap fungsi. Bagaimana dengan IT (Information Technology) ?. IT melakukan pengolahan data sehingga menjadi informasi yang berguna bagi semua fungsi termasuk manajemen.

Dengan demikian jelaslah dari sudut pandang teknologi informasi usaha jasa pembiayaan adalah pengolahan data dan informasi karena tidak ada barang/uang dalam bentuk sesungguhnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: