Kebijakan Transportasi Umum (Kereta Api) Semakin Tidak Jelas …

Pemandangan setiap pagi dan sore di kereta api Jabotabek sangat mengenaskan … penumpang berjubel bahkan tidak sedikit yang duduk di atas gerbong. Pernah beberapa kali saya coba bertanya dengan mereka yang setiap hari menggunakan jasa kereta api kelas ekonomi, mengapa mereka sampai nekat naik di atas gerbong ? jawabannya ‘Kalau tidak di atas dimana lagi kami harus duduk ?, masuk pintu saja sudah tidak bisa’.  Ironis sekali mendengar komentar seperti itu dan hal ini setiap hari dan sudah berlangsung puluhan tahun.

Saya tidak mengerti mengapa demikian buruknya pengelolaan transportasi umum di kota-kota besar, padahal pakar transportasi di negara ini banyak, komentator (apabila terjadi kecelakaan seperti yang terakhir terjadi di Petarukan oktober 2010 banyak sekali yang memberikan komentar termasuk KNKT), Dinas Perhubungan, Kementerian dll.  Bagaimana mungkin pemerintah dapat memperbaiki masalah-masalah yang baru seperti kemacetan, pertumbuhan kendaraan bermotor dll. padahal masalah perkereta-apian yang sudah lama saja tidak pernah ada solusi atau sistem yang ter-integrasi ? Penambahan jalur Kereta Api, pembangunan jalur Kereta Api di atas (flyover), pemambahan gerbong, ketepatan waktu, kenyamanan stasiun dll. adalah bagian yang harus segera dibenahi segera untuk menghindari kecelakaan-kecelakaan lainnya yang memakan korban jiwa tidak sedikit.

Mungkin ada baiknya pada saat kita melantik menteri perhubungan diberi tugas yang spesifik dan jelas apa yang akan dia perbuat selama 5 tahun ke depan, tidak perlu rumit-rumit sebagai contoh beri saja tugas untuk membenahi Perkeretaapian dan tidak usah dibebani dengan yang lain sehingga jelas penilaian kinerja Departemen Perhubungan dan setiap 5 tahun kita dapat merasakan hasil kerja nyatanya.

Seharusnya pemerintah lebih memperhatikan transportasi untuk kepentingan umum, dengan demikian akan lebih mudah menggeser pengguna kendaraan pribadi untuk menggunakan kendaraan umum apabila kendaraan umum yang tersedia memberikan rasa aman, nyaman, tepat waktu dan bersih. Tidak perlu jauh-jauh untuk ‘benchmark’  cukup jalan-jalan ke Singapura atau Malaysia dan tidak perlu malu untuk bertanya kepada tentangga karena tidak dapat dipungkiri tetangga yang dulu belajar banyak sama kita sekarang jauh lebih maju ketimbang kita …………….

One Response to Kebijakan Transportasi Umum (Kereta Api) Semakin Tidak Jelas …

  1. Ibnu Nurzaman says:

    Setuju apa yang disampaikan Pak Husein dalam hal ini, tapi ujung2nya kembali lagi kepada pengelolaan pajak yang seharus menjadi sumber dana utama dalam mengembangkan fasilitas umum. Mudah-mudahan harapan rakyat kita terhadap pengelolaan pajak yang transparan dan berorientasi kerakyatan bisa segera terwujud.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: