Mengapa pengurusan perpanjangan STNK harus dibawah Kepolisian ???

Ada hal yang cukup mengganggu pikiran saya selama ini yaitu mengapa pengurusan STNK kendaraan bermotor harus berada di bawah naungan Kepolisian Republik Indonesia ? Menurut pendapat saya perpanjangan STNK lebih terkait dengan pajak yang harus dibayar oleh pemilik kendaraan di Indonesia. Memang ada hal-hal yang terkait dengan kepolisian namun hal tersebut lebih ke arah efek dari penggunaan kendaraan bermotor itu sendiri, dalam hal ini :

  • Pembuatan SIM
  • Pembuatan No Kendaraan
  • Kecelakaan
  • Penggelapan
  • dll.

Untuk hal-hal terkait dengan diatas semua orang setuju bahwa itu adalah bagian dari job desc kepolisian, tapi bayar pajak ? harusnya di bawah Dirjen Pajak dan pembayaran pajak akan sangat bijak apabila dapat dilakukan melalui bank/ATM, dengan demikian tidak perlu lagi orang ber-antri ria dan menggunakan biro jasa untuk mengurus perpanjangan STNK.

Saya sangat yakin pemerintah Indonesia dapat melakukan reformasi birokrasi dalam pengurusan perpanjangan STNK dan saya juga yakin pemerintah dapat melakukan hal tersebut. Pertanyaan-nya kapan hal tersebut dapat direalisasikan ???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: