Usaha Jasa Keuangan Non Bank (Financial Services)

Apa itu Financial Services ?

Financial Services adalah bidang usaha jasa pembiayaa keuangan non bank. Bidang usaha ini terbagi ke dalam dua jenis  yaitu retail dan korporasi. Retail berarti jasa pembiayaan diberikan kepada customer-customer perorangan, biasanya pembiayaan tersebut digunakan untuk pembelian mobil, motor, rumah dll. sedangkan untuk korporasi pembiayaan tersebut digunakan untuk kebutuhan modal kerja atau untuk membeli alat-alat yang dibutuhkan dalam menjalankan usaha customer. Bentuk pinjaman tersebut bisa dilakukan dengan model ‘Consumer Finance’ atau ‘Financial leased’.

Consumer Finance

Bentuk pembiayaan ini banyak terdapat di Indonesia terutama untuk pembiayaan kendaraan bermotor, untuk jasa pembiayaan kendaraan bermotor terbagi lagi menjadi dua objek yaitu mobil atau motor. Jadi apabila kita ingin membeli kendaraan tersebut kita dapat menggunakan perusahaan-perusahaan jasa keuangan seperi ACC, FIF, Adira, Oto dll. Perlakukan pembiayaan seperti ini disebut Consumer Finance karena jaminan kendaraan berupa BPKB langsung atas nama customer itu sendiri. Pembayaran dari penyedia jasa langsung dibayarkan ke supplier kendaraan itu sendiri, setelah sebelumnya customer melakukan pembayaran uang muka (DP), biaya admin, asuransi dll.

Financial Leased

Bentuk pembiayaan ini biasanya dikenal dengan istilah sewa-beli. Model pembiayaan ini sangat umum digunakan di kalangan pelaku bisnis karena cukup menguntungkan bagi mereka terutama disisi laporan keuangannya karena kendaraan tersebut tidak tercatat sebagai aset melainkan diperlakukan sebagai opex untuk pembayaran angsurannya. Umumnya kendaraan yang dibiayai digunakan untuk kepentingan usaha seperti taxi, alat berat dll.  Perbedaan yang mendasar adalah pada kempemilikan kendaraan/alat berat tersebut, dimana untuk Financial Leased kepemilikan berada di perusahaan jasa pembiayaan tersebut kemudian diakhir angsuran diberikan opsi beli bagi customernya dan biasanya opsi tersebut diperlakukan sebagai uang muka sehingga secara otomatis setelah angsuran selesai maka kendaraan/alat berat tersebut menjadi milik penyewa (lessee). Perusahaan-perusahaan yang menyediakan pelayanan Consumer Finance biasanya juga menyediakan jasa Financial Leased. Penyedia jasa untuk Financial Leased khusus untuk alat berat diberikan oleh SAN Finance, Komatsu Astra Finance, CSUL dan lain-lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: