ERP

Definisi
Enterprise Resource Planning (ERP) adalah hasil dari Materials Requirements Planning MRP) dimulai pada tahun 1970 sebagai pendekatan berbasis-komputer baru untuk perencanaan dan penjadwalan kebutuhan material dan persediaan dengan tahapan proses dan waktu yang terintegrasi.

Apakah ERP sesuai dengan kebutuhan bisnis kita ?
Sebelum keputusan diambil untuk menggunakan ERP, penting bagi perusahaan untuk mencari tahu apakah cara mereka melakukan bisnis akan mengikuti apa yang tersedia dalam paket ERP. Pada saat itu ada dua hal yang bisa mereka lakukan:
1. Mereka dapat mengubah proses bisnis untuk mengakomodasi perangkat lunak
2. Mereka bisa mengubah perangkat lunak agar sesuai dengan proses, yang akan memperlambat penyelesaian  proyek, menambah bugs baru pada sistem dan tidak termasuk dalam upgrade software yang dirilis oleh ERP itu sendiri.

Seberapa besar biaya yang dibutuhkan untuk implementasi ERP ?
Tidak ada angka yang tepat untuk memprediksi ERP karena biaya instalasi ERP banyak terdiri dari beberapa variabel, seperti: jumlah divisi akan menggunakan, jumlah modul yang akan di-implementasi, jumlah integrasi yang akan dibutuhkan dengan sistem yang ada, kesiapan perusahaan untuk berubah.

Kapan Perusahaan akan merasakan manfaat dari implementasi ERP ?
Sebuah studi Meta Group dari 63 perusahaan yang telah meng-implementasikan ERP beberapa tahun lalu menemukan bahwa butuh waktu delapan bulan setelah sistem baru di-implementasi (total 31 bulan) untuk merasakan manfaat dari ERP.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: